Ukuran ID Card Standar yang Bisa Anda Pilih

Ukuran ID Card Standar yang Bisa Anda Pilih – ID Card adalah kartu tanda pengenal yang fungsinya untuk mengidentifikasi identitas seseorang. ID Card ini juga bisa berupa tanda pengenal wajib seperti KTP dan SIM, atau juga kartu nama yang menunjukkan jabatan dan jabatan di kantor. Dengan KTP, Anda bisa mengenal seseorang tanpa harus bertanya atau berjabat tangan.

Ukuran ID Card Standar
Ukuran ID Card Standar

Tentunya hal yang satu ini juga dapat membuat suasana pertemuan menjadi jauh lebih bersahabat. Karena ada banyak sekali jenisnya, berikut ini adalah ukuran KTP dan contoh KTP yang umum digunakan di Indonesia. Berikut adalah Ukuran ID Card Standar yang Bisa Anda Pilih:

Beberapa Ukuran ID Card Standar yang Bisa Anda Pilih

Fungsi ID card

Fungsi sendiri adalah sebagai tanda pengenal yang akan memudahkan Anda untuk mengenali orang lain dan sebaliknya. Dengan melihat kartu identitas yang berisi nama, nomor identitas, dan jabatan atau status, seseorang dapat langsung mengetahui identitas Anda. Dengan peran sebagai tanda pengenal pribadi, maka sebuah ID card sering digunakan untuk beberapa keperluan, seperti:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP, SIM, Paspor)
  • Kartu debit atau kredit
  • Membership gym, pusat perbelanjaan atau gaming center
  • Status dan posisi di kantor
  • Bukti kepengurusan dalam komite atau organisasi
  • Kartu pers, dll

Mengingat fungsinya yang sangat penting sekali, maka sebuah ID card tidak boleh dibuat secara sembarangan. Terdapat sebuah standar ukuran ID card yang telah disesuaikan dengan kebutuhan yang Anda miliki. Misalnya ID card untuk ditempel di tali, ID card untuk tukar kartu nama, dan lain-lainnya. Oleh karena itu juga, kartu identitas ini terbuat dari bahan yang tebal, kaku, dan tahan air.

Ukuran ID Card Kartu Nama

Jika berbicara soal ukuran atau dimensi yang ada, di negera Indonesia sendiri sudah ada standar tersendiri yang menjadi sebuah patokan. Misalnya, sebuah dimensi yang berupa KTP Indonesia yang memiliki panjang 85,60 mm dan lebar 53,98 mm. Ukuran yang satu ini sesuai dengan standar ISO 7810 untuk jenis e-KTP. Sedangkan dimensi KTP lama adalah 1011 piksel kali 638 piksel.

Beda lagi dengan ukuran kartu identitas yang sering digunakan di perusahaan. Ukurannya bisa bermacam-macam, sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Namun, kartu nama yang ada di perusahaan biasanya menggunakan sebuah ukuran 90 mm x 55 mm dan 80 mm x 53 mm.

Apa Saja Ukuran ID Card Standar yang Bisa Anda Pilih?

Ukuran Secara Internasional

Jika ada contoh yang ada dalam ukuran standar Indonesia, maka ada juga sebuah ukuran ID Card untuk standar internasional. Untuk ukuran standar global, maka ditetapkan oleh International Organization for Standards (ISO). Empat ukuran kartu ID standar internasional adalah:

  • ID card 1 – ukuran 1 digunakan sebagai patokan utama untuk kartu identitas. Ukurannya 85,60 mm x 53,98 mm. Biasa digunakan untuk KTP, SIM, kartu debit, kredit, dan kartu kesehatan.
  • ID card 2 – kartu identitas berbasis kertas ini memiliki ukuran 105 mm x 74 mm. Namun sekarang sudah jarang negara yang menggunakan ukuran 2 sebagai kartu identitas nasionalnya.
  • ID card 3 – dimensi ukuran kertas 3 adalah 125 mm x 88 mm. Ukuran ini biasanya sering digunakan untuk visa dan paspor untuk berkunjung ke sebuah negara.
  • ID card 4 – ID card 4 memiliki ukuran paling kecil dari tiga ukuran standar internasional sebelumnya. Dimensinya hanya 15 mm x 25 mm. Karena kecil, biasanya digunakan untuk SIM di ponsel.

Beberapa Perbandingan Ukuran ID card yang Ada di Indonesia dengan Negara lainnya

Ukuran ID Card di Indonesia dan internasional tentunya berbeda. Misalnya, untuk KTP Asia, seperti di Malaysia, China, dan Hong Kong, ukurannya 90 mm x 54 mm. Beda lagi dengan Eropa yang dimensinya 85 mm x 55 mm. Sedangkan untuk kartu nama Kolombia, India, Norwegia, Taiwan, Vietnam, dan New Zealand, contoh ID card yang digunakan adalah 90 mm x 55 mm. Sedangkan Amerika Serikat, Belanda, dan Kanada menggunakan kartu nama berukuran 89 mm x 51 mm.

Ukuran ID Card Standar dari tiap negara tentu juga berbeda-beda, sesuai dengan kebijakan yang diambil. Sedangkan jika Anda membutuhkan referensi ukuran dan contoh KTP untuk kartu nama atau kartu identitas pegawai kantoran, Anda bisa menggunakan ukuran standar Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.